Kamis, 11 September 2008

Ajari Anak Bagian Tubuh dan Fungsinya

Pendidikan mengenai tubuh adalah hal kecil yang seringkali terlupakan orangtua, padahal sangat penting bagi anak.

Banyak anak meranjak dewasa hanya mengetahui sedikit tentang tubuh mereka bahkan ada yang tidak tahu sama sekali. Jika diabaikan, hal tersebut dapat menjadi pemicu masalah kesehatan di masa yang akan datang.

Jauh sebelum anak belajar bagian tubuh melalui pelajaran biologi di bangku sekolan menengah pertama (SMP), orangtua bisa menjadi guru pertama yang terbaik dan paling informatif.

Anda bisa menyebutkan satu per satu bagian tubuh. Kemudian, tindakan apa yang harus dilakukan serta bagaimana anak mengatur bagian tubuh tersebut. Sayangnya, yang sering menjadi penghalang justru tidak semua orang tua tahu bagian tubuh mereka sendiri.

Jika Anda termasuk orangtua semacam itu, jangan malu. Tidak ada satupun orang yang terlahir dengan pengetahuan tentang bagian tubuhnya.

Langkah awal untuk mengajari anak adalah dengan ajarkan diri anda lebih dahulu, atau yang lebih baik belajarlah bersama anak anda. Kegiatan itu bisa mengajarkan anak akan pepatah lama "tidak ada kata terlambat untuk belajar sesuatu hal yang baru".

Orangtua pada umumnya memfokuskan untuk memulai dari dalam tubuh. Untuk mengajarkan suatu hal pada anak hindari penggunaan kata-kata yang terlalu rumit dan ekstrim seperti menjijikan atau menakutkan.

Anda tidak ingin anak anda takut untuk mempelajari bagian tubuh. Tunujukanlah pada mereka tubuh adalah sesuatu yang lucu dan mengagumkan.

Pilihlah sumber-sumber seperti buku dengan isi yang ringan untuk menjadi bahan ajar. Jika anak terlihat bosan dan kecewa, sisihkan dahulu buku yang pertama dan cobalah untuk mencari buku lain yang tidak terlalu rumit.

Sebagian anak mungkin akan santai dan senang mempelajari bagian dalam tubuh, tapi ada juga yang pusing bahkan pingsan melihat bagian dalam tubuh. Awasi anak dengan baik dan jangan tertawakan atau mengkritik anak jika mereka menampakan respon yang negatif.

Lanjutkan Dengan Bagian Tubuh Pribadi

Hal lain yang ada di pikiran orang tua adalah bagaimana memperlakukan bagian tubuh yang pribadi. Jangan pernah menafikan bagian itu. Cobalah dengan cara terbaik untuk menjelaskan yang sesungguhnya.

Katakan bahwa bagian tubuh tersebut adalah alami, mempunyai nama yang khas dan mempunyai fungsi masing-masing. Jika hal ini sulit dilakukan, coba untuk berlatih terlebih dahulu tanpa anak, sehingga anda dapat menyiapkan pikiran Anda.

Ingatlah, akan sangat mungkin anak anda merasa tidak nyaman dan bahkan memberikan respon atau konotasi negatif terhadap bagian tersebut.

Coba hindari kemungkinan itu, dengan menjelaskan bagian tubuh pribadi sewajarnya dan menarik. Pada waktu yang sama jelaskan juga pada mereka bahwa tidak pantas membicarakan bagian tubuh pribadi dengan orang lain, juga untuk menunjukan dan membiarkannya disentuh oleh orang lain. (saferchild.or/cr1/ri)


Tips

  • Salah satu cara terbaik untuk memulai mengajarkan anak mengenai bagian tubuh, yaitu dengan menggambar tubuh mereka di kertas.
  • Selanjutnya Anda dan anak dapat menggambar bagian tubuh, menamai dan membahasnya mengenai apa yang seharusnya mereka lakukan pada masing-masing bagaian tubuh tersebut.
  • Anak sudah besar mampu menggambarkan kerangka atau membedakan wanita dan pria lalu mewarnainya dan memberikan nama pada bagian tubuh.
  • Anda juga dapat seolah-olah membedah tubuh per bagian. Sehingga dapat membahas bersama anak bagian mana yang vital bagi tubuh dan bagaimana memperlakukannya sebaik mungkin. (Republika)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Ini yang di namakan pembelajaran yang psitif. Anak perlu tau bagian bagian tubuh yang perlu dan tidak boleh di perlihatkan. Khususnya untuk anak perempuan. Terimakasih banyak ya min ini bisa di Up untuk memberikan informasi kepadaa orang tua. Thanks